UNTUK SEMUA PEMBACA, HARAP MENILIK POSTING DI KATEGORI JEPANG DAN KOREA SELATAN SEBELUM COMMENT. SAYA SUDAH MEMBEBERKAN ITINERARY DAN BUDGET DI SETIAP ARTIKEL PER-NEGARA.

 

Jumat, 14 Juni 2013, Blasta Casual Resto Purwokerto.

Ditulis dalam Bahasa Indonesia khusus buat teman-teman yang penasaran. Ditambah beberapa tips yang mungkin kemarin belum sempat kami sampaikan. Semoga bermanfaat!

Sekilas tentang Couchsurfing (www.couchsurfing.org)

Couchsurfing (CS) adalah sebuah jaringan traveler global berbasis web. Kita dapat berbagi dengan sesama traveler dari seluruh dunia melalui hosting, surfing, ataupun sekedar kopi darat. Hosting adalah saat kita (kali ini disebut host) menerima surfer (tamu) menginap di tempat tinggal (couch) kita. Surfing adalah saat kita ada di posisi surfer. Couchsurfing dan couchsurfer adalah istilah baru untuk mereka yang aktif dalam CS. Untuk setiap wilayah maupun hobi khusus dibagi dalam group-group tersendiri yang memiliki agenda gathering maupun event. CS Purwokerto saat ini dimoderatori oleh Isro Adi, dengan member lokal aktif kurang lebih 15 orang. Untuk keterangan lebih lanjut, bisa gabung di web dan group… atau hubungi mas moderator aja ^^

Mari kita mulai…

judul

catatan perjalanan

Detail perjalanan saya tercantum di blog ini dalam Bahasa Inggris, tapi tenang aja, gak susah dimengerti kok kalimatnya (karena saya juga masih terbatas kosakatanya).

poin poin

1. Pembelian Tiket

– Berburu tiket promo dengan mendaftar newsletter dari berbagai maskapai penerbangan (terutama yang suka ngadain promo). Biasanya murah itu karena tidak termasuk bagasi, makanan/minuman, serta asuransi perjalanan. Coba gunakan skyscanner.com untuk membandingkan harga berbagai macam penerbangan ke luar negeri.

– Prediksi waktu perjalanan sesuai dengan tiket promo yang didapat.

2. Pembuatan Visa:

– Perhatikan syarat dan ketentuan pembuatan visa setiap negara di website kedutaan masing-masing.

– Kalau sekiranya ongkos untuk bolak-balik ke kedutaan jatuhnya jadi mahal, cobalah via travel agent. Untuk visa Jepang dan Korea Selatan harganya kurang lebih Rp 450.000,- s/d Rp 475.000,- untuk single entry (visa wisata untuk sekali masuk sebuah negara dengan jangka waktu tertentu) melalui travel agent.

– Perhatikan juga durasi pembuatan visa. Jangan terlalu mepet, karena nanti bisa repot sendiri kalau dokumennya ada yang kurang.

– Tips: lampirkan tiket PP, print out booking hotel, dan fotokopi tabungan 3 bulan terakhir. Kita bisa booking hotel tanpa harus membayar DP dan tdak dikenakan biaya pembatalan (biasanya maksimal 7 hari sebelum hari H) di beberapa website seperti booking.com. Perhatikan keterangan yang tertera agar tidak salah booking. Tabungan minimal yang diwajibkan adalah Rp 35.000.000,- (tiga puluh lima juta rupiah). Cara mengakalinya, kita bisa meminjam dari kerabat atau teman, hanya untuk melengkapi persyaratan ini saja. Lalu, harap segera kembalikan uangnya sebelum terpakai semua untuk traveling😛

3. Penukaran Mata Uang

– Pantau nilai tukar mata uang.

– Cari money changer terpercaya.

4. Packing

– Untuk tiket tanpa bagasi, backpack yg ideal untuk masuk kabin adalah sekitar 40-50 liter

– Perhatikan musim dan kondisi cuaca supaya bisa menyesuaikan jenis pakaian yang akan dibawa.

– Peralatan mandi seperti sabun, shampo, dan odol harus dibawa dengan kemasan masing-masing maksimal 100ml, dengan jumlah total maksimal 1 liter, untuk bisa masuk kabin. Kalau lebih dari itu, barang bisa disita atau dibuang oleh petugas.

– Untuk perjalanan dengan jangka waktu yang panjang, bawalah baju secukupnya saja, dan deterjen bubuk supaya kita bisa mencuci baju saat tinggal cukup lama di satu tempat. Bawa juga pakaian dalam sekali pakai jika perlu, supaya menghemat waktu mencuci. Selain itu, bawaan kita bisa berkurang dan ruang kosong dalam tas kita bisa untuk tempat oleh-oleh.

Wajib dibawa: Kamera pocket, obat-obatan pribadi (seperti: vitamin, tolak angin, plester, dll), sunblock, sunglasses, lipbalm, botol minum, sepatu yang nyaman untuk jalan maupun lari, traveler’s adapter (karena tidak semua negara colokan listriknya sama kayak Indonesia).

– Jangan lupa souvenir untuk host kalau kita menggunakan CS.

5. Itinerary

– Gali informasi sebanyak mungkin. Sesuaikan dengan minat kita. Cek juga event yang akan berlangsung. Contoh (minat spesifik): saya adalah penggemar ninja, jadi saya juga menyempatkan diri untuk berkunjung ke kota Iga yang adalah tempat ninja berasal. Disana juga sedang ada festival ninja setiap weekend di bulan April. Klik untuk website info: Jepang Korea Selatan.

Booking segala sesuatu yang sekiranya perlu jauh-jauh hari.

– Buat jadwal sedetail mungkin dan berikan jarak waktu untuk kemungkinan tersesat atau bertanya pada orang lain.

– Siap-siap untuk improvisasi (plan B, C, D, dst) jika ternyata traveling tidak berjalan sesuai rencana. Tadi ada juga pertanyaan tentang jika tiba-tiba terjadi kerusuhan saat kita traveling. Saran saya: catat alamat dan nomor telepon kedutaan atau konsulat jenderal Indonesia. Tetap tenang dan jangan panik supaya kita tetap bisa berpikir jernih serta mengambil keputusan yang tepat dalam kondisi yang tidak baik. Miliki juga asuransi yang bisa di-claim di seluruh dunia supaya kita gak parno kalo sakit saat traveling.

contoh itinerary

6. Budgeting

– Informasi juga sangat penting dalam budgeting, jadi kita sebaiknya mencari tahu kisaran harga-harga terbaru untuk penginapan, makanan, transportasi, tiket masuk tempat wisata, sampai souvenir (buat yang mau bawa oleh-oleh).

BOCORAN — buku panduan traveling biasanya “menipu”. Saya baca traveling murah 5 hari ke Jepang cuma Rp2,5juta. Ternyata hari pertamanya adalah: sampai di Jepang jam 11 malam dan pulangnya adalah hari kelima: pergi ke airport pagi-pagi! Ouch! Secara praktek, jalan-jalan di Jepangnya cuma 3 hari, tidak termasuk tiket pesawat PP dan visa. Tapi bukan berarti bukunya gak berguna. Disitu juga banyak informasi yang bagus buat masukan.

Dibawah ini saya berikan contoh budgeting traveling ke Jepang dan Korea Selatan berdasarkan pengalaman saya April lalu. Ini adalah perhitungan secara garis besarnya saja. Kalau kamu sudah punya cukup banyak informasi sesuai minat, boleh buat yang lebih detail sendiri supaya bisa memperkirakan dana yang dibutuhkan.

BUDGETING UNTUK TRAVELING MURAH KE JEPANG

jepang budget

jepang foto 1

jepang foto 2

jepang foto 3

BUDGETING UNTUK TRAVELING MURAH KE KOREA SELATAN

korea budget

korea foto 1

korea foto 2

korea foto 3

BUDGETING UNTUK TRAVELING MURAH KE JEPANG DAN KOREA SELATAN

jepang korea budget

FOTO DENGAN MEMBER CS JEPANG DAN KOREA SELATAN

host

thank you

Special Thanks to: Couchsurfing Purwokerto, Blasta Casual Resto, SatRio (biangkerok), dan semua pihak yang sudah mendukung acara ini🙂

Comments
  1. ross4 says:

    Salam kenal sista.. Aku juga ada plan mau ke korea n japan nih pas winter.. Kl mnrt pengalaman sista better ke jepang dulu or korea dulu Ўªã? N kl blh tau kmrn sista dr jepang ke korea by apa Ўªã? Boleh ĝåƙ sis sharing sdkt tentang pengalaman sis dan rutenya. Kl bs email ke aku Ўªã sis di rossalia_luvly@yahoo.com.. 【ツ】‎τ♓Λиκ ♈oµ sista…

  2. tio says:

    hi eva,salam kenal y…rencana saya akhir agust’13 ke korea. kurang lebih 6 hari disana. bisa share tempat2 wisata yg wajib dikunjungi? karena saya bawa keluarga dan temen2 total 7 orang. dan pastinya tempat makan murah hehehe. info ke email tio.sinaga@gmail.com. makasii ya…

  3. ross4 says:

    Sis aku blh tanya… Mnrt pengalaman sis aku harus ke korea dulu atau ke jepang dulu Ўªã? Soalnya aku pgn bgt bs jalan ke korea sekaligus ke jepang. Dan pembuatan ke 2 visa tersebut apa bisa? Soalnya kan pasti aku tiketnya beli terpisah bukan return… Misalnya jkt-seoul trus tokyo or osaka -jkt di persulit ĝåƙ Ўªã bikin visanya soalnya kan yg pernah aku dgr mesti ada print tiket return sebagai pelengkap dokumennya. Tu gmn Ўªã sis? Terimakasih…^^

  4. ross4 says:

    pembuatan ke 2 visa tersebut sekaligus apa bisa sis? Soalnya kan pasti aku tiketnya beli terpisah bukan return… Misalnya jkt-seoul trus tokyo or osaka -jkt. di persulit ĝåƙ Ўªã bikin visanya soalnya kan yg pernah aku dgr mesti ada print tiket return sebagai pelengkap dokumen u/ membuat visa. Tu gmn Ўªã sis? Tlg email ke aku Ўªã di rossalia_luvly@yahoo.com Terimakasih…^^

  5. hilda says:

    Apakah perjalanan korea dan jepang butuh 2 visa? Karna saya dengar hanya pake visa jepang aja bisa

  6. Dorkas says:

    Hi Kak Eva, Salam kenal juga kak. Tolong sharing dong kak itenarynya krn saya berencana ke jepang dan korea di desember ini atau di Juni tahun depa email saya dorkas.sihombing@gac.com. Thanks ya kak

    • Eva says:

      Hi Dorkas, udah baca posting perjalanan saya di blog ini belum? Sebaiknya baca dulu ya karena itinerary semua tercatat disini🙂

  7. ssebelas says:

    Hi, boleh tanya pada saat apply Visa ke Kedutaan Jepang apakah perlu melampirkan itinerary di Korea? Rencana saya mulai dari Korea setelah setelah itu baru ke Jepang. Terima kasih sebelumnya.

  8. indah says:

    Ka ,bisa bantu kirim budgeting ke jepang dan korea utk 2017 ,sy mau ke sana kira2 musim gugur bulan nov .
    Sekalian dgn destinasi wisata nya.
    Trims banyaaak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s