Perpanjangan Paspor (Kantor Imigrasi Kelas II Cilacap)

Posted: May 11, 2013 in INFO AND TIPS

Yang harus dibawa waktu perpanjang paspor (wisata, bukan TKI) adalah:

1. Paspor lama dan fotokopinya.

2. KTP asli dan fotokopinya.

3. Akte Lahir/Ijazah asli dan fotokopinya.

4. Kartu Keluarga asli dan fotokopinya.

 

Langkah-langkahnya:

Hari pertama

1. Masukkan dokumen dalam satu map. Map juga bisa dibeli di koperasi seharga Rp 10.000,-

2. Isi formulir yang tersedia di meja bagian depan, masukkan dalam map.

3. Ambil nomor antrian di mesin dekat loket.

4. Tunggu dipanggil ke loket, isi surat keterangan bermeterai Rp 6.000,- (beli dulu aja materainya) yang menyatakan kita gak pergi bekerja ke negara tujuan wisata (kalo belum mau pergi kemana-mana mah ngarang aja udah).

5. Setelah itu, petugas akan ngasih form yang berisi kapan kita harus balik lagi kesana untuk foto, wawancara dan membayar paspornya. Biasanya 2 hari kerja.

 

Hari kedua (2 hari kerja kemudian)

6. Serahkan form langsung ke loket 2. Duduk dulu sampe namanya dipanggil untuk ambil map beserta nomor antrian.

7. Serahkan map ke loket pembayaran. Tunggu dipanggil lagi ke loket pembayaran sesuai nomor antrian.

8. Bayar Rp 255.000,- dan ambil kuitansi pembayaran.

9. Tunggu dipanggil untuk foto –> Foto (harus kelihatan jelas sampe ke kening & pelipisnya, gak boleh pakai kacamata/softlens) –> Duduk lagi nunggu dipanggil untuk wawancara –> Wawancara (Santai aja, jawab yang spontan & jujur)

10. Pulang lagi, nunggu 4 hari kerja baru bisa ambil paspor pake kuitansi pembayaran. Jangan lupa, semua dokumen asli kita seharusnya dikembalikan saat wawancara.

 

Hari ketiga (4 hari kerja kemudian)

11. Masukin kuitansi pembayaran ke loket pengambilan paspor.

12. Nunggu dipanggil untuk tandatangan paspor dan tanda terima paspor.

13. Fotokopi paspor baru & diserahkan kembali ke loket. Nomor paspor memang berubah, tapi jangan khawatir, soalnya di halaman belakang paspor baru sudah ada keterangannya.

14. Kalo mau ambil paspor lama (untuk kepentingan referensi pembuatan visa) harus ngisi surat pernyataan bermaterai Rp 6.000,-

15. Selesai

 

PS. Proses ngurus paspor di Jogja lebih gak ribet dan cuma butuh 2 hari (pas aku bikin pertama tahun 2008 tapi ya).

Kualitas kamera di kantor pemerintahan memang sepertinya OK, cuma user-nya aja yang kurang skill menggunakannya, jadi ya dimaklumi aja kalo hasilnya jelek :D

Pastikan detail semua dokumen benar. Mamaku salah nama 1 huruf (beda di KTP & KK) mesti ngurus perbaikan ke kecamatan dulu. Jadi biar gak bolak-balik, periksa yang teliti.

Kalau mau lebih hemat waktu & gak mau boros ongkos perjalanan ke Cilacap, pake travel agent aja. Biaya Rp 500.000,-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s