Day 10: Long Journey Back Home on Christmas

Posted: October 27, 2012 in INDONESIA, JAWA (Java), SULAWESI

25 Desember 2011

Selamat Natal!🙂

Natal kali ini kami full berada dalam perjalanan panjang dari Kendari menuju Jogja.

Pagi-pagi, aku duduk di ruang tamu, lihat udah banyak banget ucapan selamat Natal di BB. Aku ngucapin ke orang-orang terdekat doang lewat SMS & BBM. Tau-tau Anton masih dengan tampang kucelnya dateng sambil ngulurin tangan, “ci, selamat Natal.”

Oh! Aku baru tersadar kalo ada manusia yang lebih deket yang bisa di salamin selamat Natal. Hahaha… Memang, dunia maya bisa mengalihkan dunia nyata. Tapi gak segitunya deh. Lama-lama juga bosen kok.

Kami segera mandi dan sarapan. Jam 8 kurang, taksi kami yang semalem udah menjemput kami, lebih awal setengah jam dari prediksi. Tuan rumah masih bobo. Rada gak tega bangunin, tapi harus. Akhirnya kami bangunin Melly, yang bangun dengan kaget, “jam berapa sekarang?” Aku bilang, “jam 8, Mel” Dia langsung, “mamaaakkk… telat pergi ke gereja!”

Aku gak bisa nahan ketawa liat ekspresinya yang lucu banget. Kami foto bareng di depan pagar rumah, trus pamitan sama Melly & berangkat menuju bandara Haluoleo. Ini bandara kecil, dan belum buka waktu kami datang kesana. Mungkin emang kami naik penerbangan pertama yang ada. Seperti biasa, jalan-jalan dan foto-foto lagi sambil menunggu. Beli minum disini mahal. Yah, kayak bandara pada umumnya lah. Air mineral Rp 6.000,-; minuman lain Rp 10.000,-. Buka sebungkus enting-enting mete buat ngemil.

Check in jam 9, terus masuk ke ruang tunggu. Wow, ada pohon Natal!

“Selamat Natal, Anton,” aku mringis. Natal kali ini bener-bener beda dari yang sebelum-sebelumnya. Aku gak bisa brenti bersyukur. Walo jauh dari rumah, mesti menempuh perjalanan jauh, tapi aku seneng. Rasanya puas banget.  It just feels like home.

Pesawat delay rada lama, tapi kami gak dapet apa-apa. Gak sesuai prosedur nih. Harusnya kami udah dapet makanan sama minuman. Sekitar hampir satu jam kemudian, pesawat dateng juga. Take off ke Makassar…

Sampe di bandara Sultan Hasanuddin Makassar, perut udah keroncongan. Kami cari makanan, ternyata cuma dapet donat. Ya udah, ngemil dulu, seorang 3 biji. Hahaha, ngemil apaan tuh. Anton bilang kami harus nemu KFC atau McD, atau apapun yang menyuguhkan nasi nanti di Surabaya. Aku bilang pengen A&W aja. Gak lama kemudian, pesawat ke Surabaya udah siap berangkat. Take off ke Surabaya…

Gak terasa, tau-tau udah sampe di bandara Juanda Surabaya. Sekitar jam 2 siang. Kami bener-bener kayak predator kelaparan yang memburu nasi. Jalan muterin bandara, eh ketemunya A&W. Serbuuu!! Sepertinya kami mirip anak-anak yang terdampar di pulau terpencil bertahun-tahun baru nemu peradaban. Ckckck… kasian banget.

Abis makan kenyang, kami beli tiket Damri di loket @ Rp 15.000,-. Naik bus Damri menuju terminal Bungurasih. Ke toilet sebentar, trus berjuang bareng orang-orang lain yang menunggu bus cepat ke Jogja. Bersyukurnya, 15 menit kemudian, sekitar jam 5 sore bus cepat Eka mengangkut kami, padahal ada orang yang udah nunggu dari sejak jam 1 siang baru naik sekarang. Tuhan baik!

Harga tiket bus cepat Eka @ Rp 73.000,- dapet makan malam di tempat transit.

Di bus aku beberapa kali ngucapin selamat Natal lagi sama Anton. Saking senengnya. Perhatiin gak? Kami sarapan di Kendari, ngemil donat di Makassar, makan siang di Surabaya, makan malam di Ngawi.

Kami sampe di Jogja lewat tengah malam. Dijemput tukang ojek masing-masing.